Info Pusda'i

Bulan Dzulhijjah, Keutamaan yang Telupakan (Bagian: 1)

Oleh : Aslam Abu Hanifah

Kita kaum Muslimin mungkin sudah tidak asing lagi dengan keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan, tapi mungkin masih banyak diantara kita yang belum mengetahui keistimewaan dan keutamaan bulan Dzulhijjah. Padahal disamping bulan Ramadhan bulan Dzulhijjah juga menyimpan begitu banyak keistimewaan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

شَهْرَانِ لاَ يَنْقُصَانِ، شَهْرَا عِيدٍ: رَمَضَانُ، وَذُو الحَجَّةِ

“Ada dua bulan yang pahala amalnya tidak akan berkurang. Keduanya dua bulan hari raya: bulan Ramadlan (setelahnya ada idul fithri) dan bulan Dzulhijjah (padanya ada iedul adha).” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menggandengkan bulan Dzulhijjah dengan bulan Ramadhan dan menyebutkan bahwa pahala amal di dua bulan ini tidak berkurang (artinya akan dilipat gandakan), hal ini menunjukkan bahwa bulan Ramadhan bulan Dzulhijjah sama-sama memiliki keistimewaan dan keutamaan.

Oleh sebab itulah, ketika bulan Ramadhan bulan yang paling utama tersebut telah semakin jauh meninggalkan kita maka saatnya kita menyambut datangnya bulan Dzulhijjah yang juga menyimpan begitu banyak keistimewaan dan keutamaan. (Bersambung)

Similar Posts