Info Pusda'i

Bulan Dzulhijjah, Keutamaan yang Terlupakan (Bagian: 2)

Oleh : Aslam Abu Hanifah

Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan, keutamaan dan keistimewaan tersebut diantaranya adalah:

Pertama: Bulan Dzulhijjah termasuk salah satu dari Syahrul Haram (Bulan Suci).

Jika kita mengenal bulan Ramadhan sebagai syahrul mubarak (bulan penuh berkah), maka bulan Dzulhijjah memiliki keistimewaan sebagai salah satu dari syahrul haram (bulan suci) dari empat bulan haram yang telah ditetapkan Allah. Allah Ta’ala berfirman:

{ إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ … }

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ADA EMPAT BULAN HARAM. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu …” (Qs. At-Taubah [9]: 36)

Empat bulan yang dimaksud adalah, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Sebagaimana yang disebtukan dalam hadits berikut:

Diriwayatkan dari Abu Bakrah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

… السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَان.))

“…Setahun terdiri dari dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga berurutan, yaitu: Dzul-Qa’dah, Dzul-Hijjah dan Al-Muharram, serta Rajab Mudhar yang terletak antara Jumada dan Sya’ban.” (HR.BUKHARI– MUSLIM)

Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma menjelaskan tentang firman Allah surah At-Taubah ayat 36 di atas: “Allah menghusukan empat bulan yang haram dan menegaskan keharamnnya. Allah juga menjadikan dosa pada bulan tersebut lebih besar. Demikian pula pahala amal saleh pada bulan tersebut juga menjadi lebih besar.” (Tafsir Ibnu Katsir)

Inilah keutamaan bulan Dzulhijjah yang pertama, yakni ia termasuk salah satu syharul haram (bulan suci). Maka oleh sebab itu sudah selayaknya kita memperbanyak amal shaleh pada bulan haram ini (termasuk diantaranya adalah bulan Dzulhijjah), karena amal shaleh pada bulan tersebut akan dilipat gandakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. (Bersambung)

BAARAKALLAHU FIIKUM

════ ❁✿❁ ════

Dukung terus program-program dakwah Pusda’i Kaltim dengan bergabung bersama GERAKAN INFAQ PEDULI DAKWAH (GIP DAKWAH)

Hanya dengan mendonasikan dana Anda sebesar Rp. 50.000,- tiap bulan, berarti Anda telah membantu Syi’ar Dakwah Islam hingga ke berbagai wilayah pedalaman Kalimantan Timur.

Segera bergabung dengan Gerakan Infaq Peduli Dakwah (GIP DAKWAH)

Ketik SMS/WA: GIP (spasi) DAKWAH kirim ke 08115861331

════ ❁✿❁ ════

REKENING INFAQ PEDULI DAKWAH

🏦 BANK SYARI’AH MANDIRI
(451) 7260400163 An: Yayasan Pusda’i Kaltim

Konfirmasi Transfer: 08115861331 (SMS/WA)

LAYANAN JEMPUT DONASI

  • 085248857257 (M. Iqbal)
  • 0811581177 (Putra Aditya)

Similar Posts