Info Pusda'i

Jangan remehkan dosa sekecil apapun

Jika pada hikmah jum’at yang lalu kita menyebutkan, jangan meremehkan kebaikan sekecil apapun karena bisa justru kebaikan yang kita anggap kecil itulah yang akan mengantarkan kita ke surga.

Maka begitupula sebaliknya jangan pernah meremehkan dosa sekecil apapun, karena bisa jadi justru dosa yang kita anggap kecil itulah yang akan menjerumuskan kita ke neraka.

Bukankah tidak selamanya kita itu tersandung oleh batu besar, tapi sebaliknya justru banyak orang yang terpelest karena tumpukan kerikil kecil.

Oleh sebab itu meremehkan suatu dosa kecil sehingga dilakukan terus menerus dan berulang-ulang maka ia akan menjadi dosa besar.

لاَ كَبِيْرَةَ مَعَ الاِسْتِغْفَارِ وَ لاَ صَغِيْرَةَ مَعَ الإِصْرَارِ

“Tidak ada dosa besar jika dihapus dengan istighfar (meminta ampun pada Allah) dan tidak ada dosa kecil jika dilakukan terus menerus.” (HR. Baihaqi sanad dha’if, namun secara makna benar)

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

إِنَّ الْمُؤْمِنَ يَرَى ذُنُوبَهُ كَأَنَّهُ قَاعِدٌ تَحْتَ جَبَلٍ يَخَافُ أَنْ يَقَعَ عَلَيْهِ ، وَإِنَّ الْفَاجِرَ يَرَى ذُنُوبَهُ كَذُبَابٍ مَرَّ عَلَى أَنْفِهِ

“Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan ia duduk di sebuah gunung dan khawatir gunung tersebut akan menimpanya. Sedangkan seorang yang fajir (yang gemar maksiat), ia akan melihat dosanya seperti seekor lalat yang lewat begitu saja di hadapan batang hidungnya.” (HR. Bukhari)

Barakallah fiikum.

════ ❁✿❁ ════

Dukung terus program-program dakwah Pusda’i Kaltim dengan bergabung bersama GERAKAN INFAQ PEDULI DAKWAH (GIP DAKWAH)

Hanya dengan mendonasikan dana Anda sebesar Rp. 50.000,- tiap bulan, berarti Anda telah membantu Syi’ar Dakwah Islam hingga ke berbagai wilayah pedalaman Kalimantan Timur.

Segera bergabung dengan Gerakan Infaq Peduli Dakwah (GIP DAKWAH)

Ketik SMS/WA: GIP (spasi) DAKWAH kirim ke 08115861331

════ ❁✿❁ ════

REKENING INFAQ PEDULI DAKWAH

🏦 BANK SYARI’AH INDONESIA (Eks. BSM)
(451) 7260400163
An: Yayasan Pusda’i Kaltim

🏦 BRI SYARI’AH
(422) 1055012225
An. Yayasan Pusdai Kaltim

Konfirmasi Transfer: 08115861331 (SMS/WA)

LAYANAN JEMPUT DONASI

  • We085248857257 (M. Iqbal)
  • 0811581177 (Putra Aditya)

════ ❁✿❁ ════
Sekretariat: Jl. Jakarta 2 No. 80 RT. 81 Loa Bakung Kec. Sungai Kunjang Samarinda Telp: 05412771416. Website: www.pusdaikaltim.or.id

Similar Posts